Manfaat Kesehatan Keripik Bayam

Satu lagi produk keripik di samping keripik singkong, keripik tempe atau keripik pisang yang mulai memiliki pasar tersendiri, keripik bayam. Berbeda dengan keripik-keripik lainya yang sepenuhnya menggunakan bahan dasar yang dipotong kecil dan tipis, keripik bayam menggunakan bayam dengan tepung. Keripik bayam memang baru saja naik daun sebagai salah satu makanan yang bikin penasaran, bagaimana tidak, bayam yang umumnya di gunakan sebagai sayuran bening, ternyata bisa di jadikan keripik dengan rasa yang gurih dan renyah.

Jika di kaji dari segi kesehatan, ternyata keripik bayam memiliki banyak manfaat. Manfaat keripik bayam berasal dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Menurut organisasi.org dalam 100 gram keripik bayam terdapat beberapa vitamin:

  • energi sebesar 586 kilokalori,
  • kalsium 236 miligram,
  • fosfor 117 miligram,
  • vitamin B1 0,16 miligram,
  • karbohidrat 50,2 gram,
  • protein 4,9 gram,
  • zat besi 3,6 miligram,
  • lemak 40,6 gram,
  • vitamin A 0 IU,
  • vitamin C 0 miligram.

Manfaat Keripik Bayam

Bayam sebagai salah satu sayuran, jika dikonsumsi memberikan manfaat yang baik bagi tubuh meski harus diakui, tidak semua orang  suka mengkonsumsi sayur bayam apalagi anak-anak. Salah satu alternatif agar anak-anak menyukai bayam adalah dengan mengolahnya menjadi bahan lain.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan mineral yang terdapat dalam bayam cukup tinggi hal ini bisa digunakan untuk mencegah anemia, termasuk juga kelelahanya sebagai akibatnya. kandungan Fe ditambah Vitamin B sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan saat melahirkan. Fe atau asam folat erat kaitanya dengan produksi darah. Nah ketika melahirkan, kita cenderung kehilangan banyak sel darah merah karena kita akan mengeluarkan banyak darah dan bisa saja kehabisan darah. Sehingga setelah itu membutuhkan asupan makanan serupa dengan bayam. Untuk perempuan yang sedang haid, bayam juga baik dikonsumsi.

  1. Baik Untuk Otak

Sebagai salah satu sumber protein terbaik, maka tak salah jika salah satu manfaat keripik bayam adalah baik dalam proses pembentukan otak. Asam amino yang di kandung oleh bayam sangat penting untuk otak. Maka tak salah jika bayam baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Tetapi seperti kita tahu, bayam biasanya tidak disukai anak-anak, maka salah satu alternatifnya adalah memakanya dalam bentuk kripik.

Cara Memilih Keripik Bayam Yang Baik

Tak hanya orang dewasa, kripik bayam juga disukai oleh anak-anak. Sebab selain ada rasa original, keripik bayam juga dapat dikreasikan ke dalam berbagai varian rasa. Apalagi, meski di kreasikan dalam berbagai rasa dan keripik, kandungan bayam masih utuh. Dengan catatan cara pengolahan dan penyajianya yang baik dan benar. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika mengolah bayam menjadi keripik bayam adalah minyak yang di gunakan. Sementara jika sudah jadi keripik bayam hal yang perlu diperhatikan adalah soal tekstur, warna dan kandungan minyak serta masa simpan keripik bayam tersebut.

Untuk masalah tekstur, keripik bayam yang baik memiliki tekstur yang renyah dan mudah patah, tepai tidak sangat renyah. Sementara untuk warnanya sedikit hijau tua. Pilihlah keripik bayam yang menggunakan minyak goreng yang baik dan tidak begitu basah. Masa simpanya juga tidak terlalu panjang, sebab kalau kelamaan disimpan keripik bayam akan kehilangan rasa dan manfaat. Bauhnyapun tidak enak lagi. Manfaat keripik bayam akan tetap utuh jika digoreng dalam suhu penggorengan 160 derajat celsius, dengan lama waktu penggorengan selama kurang lebih satu setengah menit.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *