Manfaat keripik pisang bagi kesehatan sangat banyak dan beragam. Seperti kita ketahui bahwa keripik pisang adalah salah satu camilan sehat yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahkan di jawa barat, keripik pisang menjadi salah satu penghasila utama masyarkat sehingga di sana di jadikan sebagai sentral pembuatan keripik pisang. Keripik pisang disana terkenal dengan aneka rasanya yang bervariasi.

Selain karena rasanya yang gurih, renyah dan manis, keripik pisang juga banyak manfaat kasehatan dan mudah membuatnya. Itulah mengapa selain di toko-toko, minimarket hingga supermarket, keripik pisang banyak tersedia. Keripik pisang banyak digenari dan bermanfaat bagi kesehatan, berikut manfaatnya.

Manfaat kesehatan Keripik Pisang

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat keripik pisang adalah pisang. Sebagaimana kita tahu, buah yang satu ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Maka tak salah jika ia baik utnuk kesehatan pencernaan. Berdasarkan banyak penelitian menunjukkan bahwa keripik pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Dalam satu ons (100 grams) keripik pisang mengandung serat sebanyak 2.2 grams. Jika dikomparasikan dengan bahan dasarnya, yaitu pisang. Dalam satu buah pisang besar mengandung serat sebanyak 3.5 grams. Serat sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk menjaga pencernaan dan juga untuk menjaga agar kita tetap kenyang meski tidak makan secara berlebihan. Selain itu juga serat sangat bermanfaat dalam mengontrol kolestrol dalam darah kita. Nah, jika kita perinci, berikut manfaat serat.

  1. Mencegah resiko kanker kolon.

Manfaat pertama keripik pisang adalah mencegah kanker kolon. Kanker adalah salah satu penyakit paling berbahaya. Serat selain mampu membuat kita lebih kenyang lebih lama tetapi juga mencegah masalah pencernaan termasuk kanker kolon.

  1. Mengatur guladarah dalam insulin

Asupan serat yang cukup akan membantu tubuh dalam mengantur kadar gula darah dalam insulin.

  1. Menjaga tubuh tetap ideal

Kadar serat yang diketahui mampu mengatur kadar gula darah dalam insulin ternyata juga mampu menjaga kondisi tubuh tetap ideal atau langsing.

  1. Mencegah plak kolestrol

Wanita yang menderita penyakit jantung biasanya akan timbul plak. Tetapi resiko ini dapat dikurangi dengan asupan serat yang cukup. Itulah manfaat keripik pisang yang berikutnya.

  1. Menurunkan kolestrol jahat

Serat juga diketahui mampu menyeimbangkan kadar kolestrol. Untuk kolestrol yang kurang baik akan dikurangi, sedangkan pada kolestrol baik akan ditambah. Ini karena umumnya kripik pisang rendah lemak jenuh dan kolestrol.

  1. Tetap dalam kondisi kenyang

Manfaat keripik pisang berikutnya ini paling disukai oleh wanita yang sedang menjalani program diet, sebab biasanya wanita yang sedang diet ingin perut tetap kenyang meski tidak makan. Asupan serat yang cukup akan membantu perut tetap dalam kondisi kenyang. Tentu ini akan mensukseskan program diet sebagian besar perempuan.

  1. Menjaga pencernaan

Manfaat paling ideal keripik pisang adalah kemampuanya menjaga kesehatan pencernaan yang dikarenakan kandungan seratnya. Diketahui bahwa serat mampu meningkatkan kadar pelepasan enzim yang terdapat dalam pencernaan dan mengatur kadar hormon dalam pankreas.

  1. Membantu kinerja usus

Manfaat keripik pisang yang ke delapan adalah membantu kinerja usus. Dengan adanya pencernaan yang baik, maka kinerja usus akan sangat terbantu.

  1. Mencegah iritasi pada usus

Selain mampu membantu bagi mereka yang sedang salam masalah iritasi usus, serat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya iritasi.

Itulah beberapa manfaat keripik pisang yang dapat kita peroleh jika mengkonsumsinya dan mengolahnya dengan baik. Hasil pengolahan yang baik akan menjaga kandungan keripik pisang tetap utuh.