Manfaat Konsumsi Keripik Singkong Secara Benar

Salah satu kegemaran kita adalah menyantap makanan ringan yang diolah menggunakan minyak alias di goreng, salah satunya adalah keripik singkong. Keripik singkong menjadi salah satu makanan favorik semua orang. Hampir-hampir tidak ada yang tidak menyukai keripik singkong. Tetapi tahukah anda, bahwa selain rasanya yang gurih dan renyah, juga terkadang memiliki berbagai varian rasa, keripik singkong ternyata memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat keripik singkong ini berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam keripik singkong.

Manfaat Keripik singkong

Berbeda dengan makanan lain yang ketika di goreng kandungan nutrisi di dalamnya akan hilang seperti hanya tempe goreng, atau bahkan kandungan di dalamnya malah akan berubah jadi berbahaya bagi tubuh seperti hanya kentang goreng. Keripik singkong, sekalipun di goreng tetap memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Sebagaimana yang telah di langsir dalam organisasi.org, pada 100 gram keripik singkong memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Lalu apa saja manfaatnya?

  1. memenuhi kebutuhan energi sekitar 20 persen

Dalam 100 gram keripik singkong, mengandung energi sebesar 478 kilokalori. Jumlah energi ini kebanyakan di hasilkan oleh karbohidrat yang terkandung dalam keripik singkong sebesar 72 gram. Itu artinya akan mampu memenuhi kebutuhan kalori anda sebesar kira-kira 20 persen jika kebutuhan kalori anda sekitar 2000 kkl. Maka dengan mengkonsumsi keripik singkong secara tidak berlebihan, maka kondisi tubuh anda akan memiliki supli energi.

  1. bermanfaat untuk pembentukan sel darah

Manfaat keripik singkong berikutnya datang dari kandungan protein nya. Dalam 100 gram keripik singkong terdapat protein sebanyak 0,9 gram. Sebagaimana kita tahu bahwa protein adalah senyawa organik yang sangat bermanfaat bagi proses biologis tubuh. Salah satunya adalah pembentukan sel darah merah. Dimana protein akan mengangkut oksigen dari erosit untuk membentuk darah merah yang baru. Maka dengan memakan kripik singkong, kita akan menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh, juga akan menyembuhkan luka dengan cepat. Protein juga bermanfaat dalam proses penyeimbang antara basa dan asam dalam tubuh, juga bermanfaat pula dalam mempercepat regenerasi kulit.

  1. menjaga kesehatan Tulang dan gigi

Anggota tubuh kita paling banyak yang membutuhkan asupan kalsium adalah tulang dan gigi. Bahkan jika dihitung kebutuhan tulang akan kalsium jika dibandingkan dengan ynutrisi lainya adalah 99 persen. Maka tak heran jika manfaat berikutnya dari keripik singkong adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sebab dalam keripik singkong terdapat sebesar 189 miligram kalsium.

Kalsium akan menjaga kesehatan tulang dan menghindari dari berbagai masalah tulang yang akan muncul, seperti pengkroposan tulang. Kalsium juga memastikan gigi kuat dan sehat. Hal ini karena kalsium menjadi fasilitas untuk membran sel bergerak dalam tubuh. Asupan kalsium yang cukup juga membantu menghindari sakit punggung. Karena kondisi tulang dalam keadaan sehat. Bagi anak-anak, kalsium juga bermanfaat untuk pertumbuhanya secara sempurna.

  1. Membantu menjaga tekanan darah

Manfaat keripik singkong berikutnya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Manfaat ini juga datang dari kandungan nutrisi kalsium keripik singkong. Diketahui bahwa dengan adanya tekanan darah yang stabil, akan membantu kinerja otot dan syaraf. Terlebih juga, tekanan yang stabil akan menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat keripik singkong yang bisa kita dapatkan. Tetapi perlu diingat bahwa selain mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, keripik singkong juga banyak mengandung lemak. Jadi, tetap batasi jumlah konsumsi keripik singkong.